Rabu, 27 Agustus 2008

Pemikir Ekonimi islam

1. Pemikiran Ekonomi Islam Baqir As Sadr

A. Epistimologi ? Ilmu ekonomi: berisi alat-alat analisa ekonomi yang dapat digunakan untuk mengantarkan kita kepada pemahaman bagaimana kegiatan ekonomi berjalan ? Filosofi ekonomi: memberikan ruh pemikiran dengan nilai-nilai islam dan batasan-batsan Syari’ah, memberikan sebuah solusi hidup yang paling baik

B. Ontologi ? Tauhid: sebagai pijakan ummat manusia dalam mengarungi kidupan ? Adil: pemanfaatan segala sumber daya diarahkan untuk kesejahteraan manusia supaya semua mendapat manfaat secara adil ? Nubuwah: meneladani sifat-sifat utama Nabi Muhammad SAW ? Khilafah: menjadi pemimpin yang dapat menjadi keteraturan interaksi antar kelompok termasuk dalam bidang ekonomi. ? Ma’ad: percaya bahwa kita akan kembali kepada Allah dan adanya dunia akhirat membuat kita akan berusaha beramal agar kehidupan akhirat lebih baik dibanding kehidupan dunia.

C. Aksiologi ? Sumber pendapatan yang terhormat ? Pertumbuhan dan stabilitas ? Pemenuhan kebutuhan pokok ? Distribusi pendapatan yang merata

2. Pemikiran Ekonomi Islam Abdul Mannan

A. Epistomologi ? Menentukan fungsi dasar ekonomi secara umum tanpa memperhatikan ideologi yang dipakai. ? Menetapkan beberapa prinsip dasar yang mengatur fungsi dasar konomi berdasarkan pada syariah dan bersifat timeless. ? Mengidentifikasikan metode operasional yang harus diformulasikan yang merupakan tahap mulainya pengembangan teori dan disiplin ekonomi Islam. ? Menentukan konsep dalam mencapai tujuan. ? Mengimplementasikan kebijakan yang diterapkan pada langkah ke empat. ? Melakukan evaluasi terhadap target kesejahteraan pengembangan ekonomi dan non ekonomi. ? Membandingkan implementasi kebijakan yang telah ditetapkan dengan pencapaian yang diperoleh.

B. Ontologi pengembangan ekonomi islam berdasarkan beberapa sumber yaitu:

• Al-Qur’an

• Sunnah

• Ijma’ ? Istihad

• Prinsip hokum islam Al-Qur’an memiliki identitas sendiri, sedangkan sunnah, ijma, dan ijtihad berdiri pada posisi yang erat antara satu dengan yang lainnya. C. Aksiologi ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. beda antara ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif berarti membangun analisa ilmu ekonomi Islam dalam kerangka pemikiran barat.

3. Pemikiran Ekonomi Islam Umar Chapra

A. Epistemologi ? Pergerakan zakat ? Pergerakan sistem warisan ? Perpajakan yang adil dan efisien

B. Ontologi ? Tauhid : merupakan dasar pijakan umat manusia dalam melangkah mengarungi kehidupan. ? Kekhalifahan : manusia sebagai khalifah di muka bumi yang memungkinkan baginya hidup dalam mengemban amanah. ? keadilan: tauhid dan kekhalifahan akan berjalan dengan baik jika dibarengi dengan keadilan sosial ekonomi.

C. Aksiologi ? Pemenuhan kebutuhan pokok ? Sumber pendapatan1. Pemikiran Ekonomi Islam Baqir As Sadr

Tidak ada komentar:

Sierra Trading Coupons
Sierra Trading Coupons